Movie Review: Tenggelamnya Kapal Van Der Wicjk

5/10

trailer-tenggelamnya-kapal-van-der-wijck-versi-extended

Literally buku yg difilmkan, sepanjang film diisi narasi super panjang ala puitisisasi dan sajakisasi yang sayangnya membosankan, membuat saya sering menguap. Kesalahan paling fatal dari film ini adalah tim skenario nya yg belum bisa menerjemahkan novel jadul menjadi film drama modern yang menyenangkan untuk ditonton. Eksekusinya adalah film dengan rasa campur aduk: durasi super panjang yang gak perlu, visual landscape yg terlihat indah walau tone warna nya gak stabil (kadang biru kelam, kadang kuning senja, kadang malam suram), props yg diambil dr dekade yg berbeda-beda (baju hayati dr dekade 50-an padahal setting cerita dekade 30-an, gelas dan selimut dr tahun 2000an, music disko pengiring pesta dari tahun 2013), dan tentu saja dialog-dialog naratif yg membuat penonton tenggelam dalam kapal kebosanan.
Akting 3 bintang utama kurang bisa menolong film tragis ini. Herjunot ali over akting seperti biasa, reza rahardian seperti baru saja diangkut naik mesin waktu langsung dari tahun 2013 (meaning: dia gagal menampilkan sosok pemuda minang dekade 30an), dan pevita yang lumayan bisa menampilkan sosok gadis kampung yang pemalu dan merana, walau aktingnya agak terasa datar di beberapa scene. Kesalahan utama dari 3 pemeran utama ini adalah tidak keras nya usaha mereka untuk mempelajari logat minang dan makasar sehingga akting mereka kurang terakomodir. Herjunot ali bagai membaca sajak setiap kali ia membuka mulutnya, pevita dan rahardian bagaikan pemuda dan pemudi jakarta modern. Begitupun, Pevita di film ini masih jauh lebih baik daripada bella di bawah lindungan ka’bah yang aktingnya super blunder.
Overall, film ini belum bisa dikatakan sempurna, walau sudah kelihatan usaha keras filmmakernya dlm membuat film ini. Saya rasa itu patut dihargai.

138716643620246_450x253

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s