“isn’t it pretty to think so?” oleh Nick Miller

Image

buku ini diterbitkan tahun 2012.

bercerita tentang jake reed, yang jenuh dengan pekerjaannya sebagai seorang manajer promosi internet di perusahaan real estate. setelah kematian neneknya dan tetangganya, jake memutuskan untuk resign dari pekerjaannya yang membosankan dan membuatnya jenuh. dengan uang warisan yang ditinggalkan oleh neneknya dan pesan dari neneknya agar ia mengejar mimpinya untuk menjadi seorang penulis, jake memulai perjalanan hidupnya yang baru. ia kemudian bertemu dengan orang-orang yang akan mengubah pribadinya dan cara berpikirnya, sekaligus memberikannya pengalaman hidup yang belum pernah ia rasakan seumur hidupnya. diantaranya cinta murni kepada seorang gadis, kehidupan free sex and drugs, serta bertemu dengan seorang mantan dosen universitas yang unik dan nyentrik. jika ia tidak resign dari kantornya dulu, ia tak akan pernah mengalami apa yang ia alami.

yang sangat menarik dari buku ini adalah, bagaimana Nick dengan fasihnya menuliskan segala pikiran, perasaan, dan pengalaman yang dialami oleh jake reed (dan mungkin berdasarkan pengalaman nick miller sendiri) ke dalam kata-kata yang jauh dari membosankan. walaupun ada beberapa bagian yang terasa sangat panjang.. berapa banyak sih buku yang ditulis tentang seorang yang jobless namun benar-benar lugu tentang kehidupan yang terjadi di luar sana? buku ini sangat mewakili orang-orang yang merasa tersesat dalam kehidupan yang tidak mereka inginkan, dan ingin mencari pengalaman hidup yang baru yang belum pernah dilalui.

jake di dalam buku ini digambarkan sangat lugu, belum pernah bercinta, belum pernah bertemu dengan seorang intelektual, belum pernah memakai drugs, dan suatu ketika ingin menyelamatkan seorang pelacur muda. namun jake bukanlah seseorang yang sotoy (sok tahu), bersikap sok tahu tentang segala hal hanya karena pernah membaca tentang ini dan itu di suatu tempat atau suatu buku. jake digambarkan sebagai seorang yang apa adanya, doing what he wants on his own time and his own dime. jake is only do what is right according to his mind and his heart (at the time). just a real honest creature.

buku ini tidak mewakili generasi mapan (generasi yang menurut saya sedang exist di negara tercinta indonesia ini: sekolah dari sd sampai universitas, bekerja sebagai pns, kemudian menikah, punya anak, punya rumah, punya mobil, punya tabungan dan asuransi, everyone happy la-la-la sampai mati), namun sebaliknya seolah-olah ingin mewakili generasi anti kemapanan  (bukan generasi anti kemapanan di tahun 60-an yang sibuk ber-sajak ria sambil nge-drugs dan berhubungan seks), namun lebih kepada generasi yang ingin mencari apa arti sebenernya dari kehidupan ini. is it love? is it reading a good book and then writing one? is it having fun only (namun tetap bermain aman: nge-drugs tapi gak sampe kecanduan, minum alkhohol tapi gak sampe kecanduan? free sex tapi gak sampe kena penyakit kelamin?) or is it saving a lost soul? and save the world?

in the end, kita sendiri sebagai manusia yang menentukan jalan hidup kita masing-masing. kita yang menentukan diri kita hendak menjadi apa. kita sendiri yang menentukan apa yang membuat kita bahagia, setiap hari. apakah yang membuat kita bahagia adalah bermain futsal sepulang dari kantor? atau ketawa ketiwi bersama teman kantor? atau menikah? atau membeli mobil? atau memiliki kehidupan seperti kehidupan yang dimiliki oleh setiap orang yang dideskripsikan oleh masyarakat ini sebagai kehidupan normal? atau duduk di dalam kamar sambil membaca buku? do what you want on your time and on your dime.

— tommy —

Advertisements

3 thoughts on ““isn’t it pretty to think so?” oleh Nick Miller

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s